oleh

Polsek Cukuh Balak Fasilitasi Rembuk Pekon Perkara Pencurian, Pelaku Anak Dibawah Umur

Tanggamus – Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus Polda Lampung memfasilitasi kegiatan rembuk pekon terkait pencurian belasan bungkus rokok di salah satu warung di Pekon Putih Ddoh kecamatan setempat.

Rembuk pekon digelar di Mapolsek Cukuh Balak dihadiri korban selaku pihak pertama yakni RI (49) dan MU (60) pihak kedua selaku orang tua pelaku berinsial S (14).

Hasil rembuk pekon disepekati bahwa RI selaku korban memafkan pelaku dan ia bersedia dilaksanakan “restoratif justice” dengan meminta Polsek Cukuh Balak menjadi mediator.

Kapolsek Cukuh Balak Polres Tanggamus Ipda Adi Setiawan, S.H., M.H., mengungkapkan rembuk pekon digelar pihaknya tadi malam, Rabu tanggal 13 April 2022, sekitar pukul 21.00 WIB.

“Rembuk pekon dihadiri oleh korban dan orang tua pelaku dengan hasil korban memaafkan perbuatan pelaku,” kata Ipda Adi Setiawan mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K, Kamis (14/4/22).

Menurut Kapolsek, dalam rembuk pekon tersebut disepakati beberapa point perdamaian diantaranya :

1. Antara pihak ke-1 dan pihak ke-2 sudah tidak ada permasalahan lagi dan telah berdamai secara kekeluargaan.

2. Pihak ke-2 telah meminta maaf kepada Pihak ke-1 dan Pihak Ke-1 telah memaafkan pihak Ke-2 atas terjadinya Tindak Pidana Pencurian dengan pemberatan yang dilakukan pihak ke-2.

3. Pihak ke-2 berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tidak menyenangkan tersebut baik terhadap pihak ke-1 maupun kepada orang lain.

“Apabila kedua belah pihak mengikari isi perdamaian ini maka kedua belah pihak siap di tuntut sesuai hukum yang berlaku,” ucapnya.

Ipda Adi Setiawan menjelaskan, rembuk pekon tersebut dilaksanakan sehubungan dengan telah terjadinya pencurian pada tanggal 13 April 2022 , yang dilakukan oleh anak dari pihak ke-2 di warung milik pihak ke-1 di Pekon Putih Doh.

“Atas kejadian tersebut korban melaporkan kepada Bhabinkamtibmas dan teridentifikasi pelaku yang merupakan anak dari pihak ke-2,” jelasnya.

Atas terjadinya kesepakatan melalui rembuk pekon tersebut, diharapkan dapat kembali terjalin kekeluargaan diantara kedua pihak dan anak pihak ke-2 tidak mengulangi perbuatannya.

“Melalui hal itu, mereka dapat kembali mengeratkan persaudaraan dan anak pihak kedua tidak mengulangi perbuatannya,” tandasnya.

Dalam rembuk pekon tersebut juga dihadiri Sekretaris Pekon Putih Doh, Saibul Hamid, Kanit Binmas Aipda Sigit Destriantara, Kanit Propam Aipda Margi dan sejumlah Bhabinkamtibmas. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed