oleh

Kapolres Tanggamus Polda Lampung Pimpin Latihan Pra Operasi Ketupat Krakatau 2022

Tanggamus – Dalam rangka memantapkan pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2022 yang dimulai tanggal 28 April – 9 Mei 2022. Polres Tanggamus Polda Lampung melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops), Senin (25/4/22).

Latpraops dipusatkan di Aula Paramasatwika Mapolres dipimpin langsung Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K didampingi Wakapolres Kompol Muhammad Ali Muhaidori, S.I.K.

Adapun pesertanya adalah para pejabat utama, Kapolsek jajaran, seluruh personel baik perwira maupun bintara yang terlibat dalam operasi kemanusiaan tersebut.

Kapolres Tanggamus Polda Lampung, AKBP Satya Widhy Widharyadi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Idul Fitri 1443 H, masyarakat diperbolehkan mudik setelah dua kali lebaran tahun lalu dilarang pemerintah karena Pandemi Covid-19.

“Saat ini masyarakat diperbolehkan untuk mudik bahkan dianjurkan pemerintah untuk melakukan perjalanan mudik sebelum lebaran,” kata AKBP Satya Widhy Widharyadi.

Sambungnya, atas hal tersebut, tentunya menjadi tantangan personel Polri terkait pengamanan sehingga para pemudik yang pulang kampung maupun sebaliknya dapat aman tanpa gangguan.

“Sehingga melalui Latpraops ini, seluruh personel yang terlibat dapat bersatupadu dalam mengamankan jalannya mudik,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan bahwa, melihat eskalasi gangguan kemanan, ia berinisiatif memindahkan Pos Pengamanan Sedayu, Semaka menjadi Pos Pam Siring Betik di Kecamatan Wonosobo.

“Untuk diketahui semua, kami mengambil langkah memindahkan Pospam Sedayu ke Siring Betik Wonosobo. Melihat eskalasi gangguan Kamtibmas berdasarkan update terkini,” jelasnya.

Kesempatan itu, Kapolres meminta kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 dapat melaksanakan tugas dengan baik, selalu siaga.

“Saya menekankan, agar personel bekerja dengan sebaik-baiknya dan para perwira yang ditunjuk dapat mengarahkan di lapangan,” tegasnya.

Untuk diketahui, guna menjamin keamanan pemudik, sebanyak Polres Tanggamus menerjunkan 124 personel ditambah personel gabungan TNI, Pol. PP, Dishub, Dinkes, BPBD dan relawan Senkom, RAPI dan Pramuka yang tergabung dalam Operasi Ketupat Krakatau 2022.

Terkait itu, Polres Tanggamus juga telah melaksanakan gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2022 di Lapangan Pemkab Tanggamus, Jumat, 22 April 2022.

Sebelumnya, Polres Tanggamus akan mendirikan 1 Pos pelayanan yang disediakan di Rest Area Gisting dan 2 Pos Pengamanan berada di Jalinbar Pekon Way Gelang Kota Agung Barat dan Jalinbar Pekon Sedayu, Semaka.

Kasat Lantas menjelaskan, bahwa pos pelayanan dan pos pengamanan yang didirikan, selain difungsikan sebagai pos pengamanan juga dapat dipakai menjadi tempat istirahat serta  pemeriksaan kesehatan para pemudik.

Selain itu, khusus pos pelayanan di Rest Area Gisting juga disiapkan pelayanan vaksin bagi pemudik yang belum vaksin booster ataupun masyarakat setempat yang akan melakukan perjalanan keluar wilayah tanggamus

“Untuk pemudik yang ingin beristirahat atau memeriksakan kesehatan silahkan datang ke Pos, kami bersama tim akan melayani dengan sebaik-baiknya. Dan untuk pos pelayanan Rest Area Gisting juga disediakan tempat Vaksin Booster,” tandasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed