oleh

Puslitbang Polri Gelar Studi Kebijakan Penguatan Perumahan Bagi PNPP di Polres Tanggamus

Tanggamus – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan Penelitian dan Studi Kebijakan Penguatan Program Perumahan Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Bagi Pegawai Negeri Pada Polri di Polres Tanggamus, Rabu (13/7/2022).

Tim Puslitbang Polri dipimpin Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, S.I.K.,M.H dengan anggota tergabung yakni Konsultan Harry Seldadyo, P.Hd, Penata TK.I Heri Suprapto, S.E., MA, dan Penata Muda TK. I Lindaningsih, N., S.E.

Rombongan tiba di Mapolres Tanggamus pukul 13.00 WIB disambut langsung oleh Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K., M.K.P didampingi para pejabat utama dan perwakilan Kapolsek jajaran.

Usai melakukan ramah tamah, tim melanjutkan kegiatan penelitian di Aula Wirasatya yang diikuti oleh perwakilan personel Polres Tanggamus, perwakilan perbankan dan perwakilan pengembang.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para pejabat utama maupun kepada para responden dari PNPP yang berasal dari masing-masing Satfung maupun Polsek jajaran.

Kapolres AKBP Satya Widhy Widharyadi dalam sambutanbya mengucapkan selamat datang kepada tim Puslitbang dan menjelaskan bahwa Polres Tanggamus memiliki 468 personel.

Kemudian, kebutuhan perumahan asrama terbatas, banyak personel yang masih berdiam di rumah keluarga ataupun mengontrak.

“Banyak personel, yang tinggal diluar Kabupaten Tanggamus, sehingga harapan kami dengan penilitian dapat menjadikan masukan kepada pimpinan. Sehingga penetapan kebijakan strategis penyediaan perumahan tinggal dalam mewujudkan kesejahteraan bagi PNPP dapat terwujudkan,” kata AKBP Satya Widhy Widharyadi.

Sementara itu arahan dari Ketua tim penelitian Kombes Pol. Ade Djadja Subagdja, mengungkapkan penelitian tersebut bertujuan untuk menganalisis dimensi penawaran, kelembagaan dan permintaan perumahan dilingkungan Polri baik dalam bentuk memetakan ketersediaan dan potensi ketersediaan perumahan bagi PNPP beserta karakteristik fisik bangunan, lingkungan dan sosio-geografi.

Lalu, memetakan regulasi, kebijakan dan ketentuan lain yang berhubungan dengan penguasaan rumah PNPP serta mendapatkan gambaran kesediaan untuk membeli yang diperoleh melalui perilaku belanja dan investasi serta karakteristik ketertarikan, kecenderungan dan kemampuan untuk membeli.

“Penelitian ini diharapkan dapat mendesain rumusan kebijakan strategis penyediaan perumahan bagi Pegawai Negeri pada Polri ( PNPP ). Adapun manfaat dari penelitian ini diharapkan akan adanya Penyediaan rumah dinas dan rumah kepemilikan bagi PNPP dalam rangka peningkatan kesejahteraan bagi anggota Polri,” ungkapnya. (*)

penelitian oleh Puslitbang Polri ini ditujukan untuk mencari data, masukan, dan informasi terkait kepemilikan rumah tinggal bagi PNPP beserta karakteristiknya serta gambaran penggunaan rumah dinas/asrama/mes dalam mendukung pelaksanaan dan kelancaran tugas anggota Polri.

Tak hanya itu, penelitian ini sekaligus sebagai bahan masukan Tim kepada pimpinan Polri dalam rangka penetapan kebijakan strategis penyediaan perumahan tinggal dalam mewujudkan kesejahteraan bagi PNPP. Sedangkan, untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Focus Group Discussion (FGD) yang saat itu berlangsung di aula utama Bupati Pringsewu

Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada Para Pejabat Utama maupun kepada para Responden dari PNPP yang berasal dari masing-masing Satker/Satwil, Bagian/Satuan/Seksi dan Fungsi Kepolisian, hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta yang ada dilapangan, kemudian bisa memberikan masukan untuk mendukung dan menguatkan hasil penelitian yang dilakukan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed